RAHASIA #5 – Bangun Basis Data
Database adalah kumpulan kontak, prospek, atau pelanggan. Tanpa mereka di Internet, Anda tidak memiliki bisnis.
Sebuah database sangat penting untuk keberhasilan hampir semua bisnis Internet. Jika Anda memiliki daftar prospek atau pelanggan, atau keduanya, Anda memiliki keuntungan besar. Jika tidak, Anda hanya harus mulai membangun database Anda sesegera mungkin, apa pun bisnis yang Anda geluti.
Basis data pelanggan/klien adalah aset paling berharga dari bisnis online mana pun. Basis data, dan situs web dengan basis data, dapat dijual dengan banyak uang. Contoh terbaru adalah situs web yang sangat populer di Inggris 'Friends Reunited', di mana diperkirakan nilai masing-masing dari 25 juta rincian anggota adalah £1,00, ($1,50) dengan nilai database £25.000.000. ($37.500.000) Ingat, itulah nilai database, dan database, pada dasarnya, adalah bisnisnya.
Gabungkan database dengan sistem otomatis dan Anda dapat segera memiliki tambang emas potensial di tangan Anda.
Berikut adalah beberapa tip untuk membantu membangun basis data email Anda
1. Siapkan Autoresponder di situs web Anda dan tawarkan laporan gratis sederhana tentang produk/layanan Anda, atau minta prospek berlangganan Newsletter Anda dengan imbalan memberi Anda nama dan alamat email mereka. Sebagian besar Autoresponders kemudian akan merekam informasi ini dan informasi ini ada untuk Anda gunakan lagi dan lagi.
2. Lihat daftar prospek/pelanggan Anda saat ini (jika ada) dan ekstrak nama dan alamat email mereka, atau hubungi mereka untuk menanyakan detailnya dan beri tahu mereka mengapa Anda menginginkannya, mis. untuk membantu memberikan layanan yang lebih baik kepada mereka.
3. Cari melalui publikasi dan situs web untuk calon pelanggan di bidang Anda dan hubungi mereka menanyakan apakah mereka mengizinkan Anda untuk menambahkan mereka ke daftar email Anda, tetapi pastikan Anda menawarkan sesuatu yang berharga sebagai balasannya. Jika Anda tidak melakukan ini, mengapa mereka repot-repot memberi Anda detailnya? Anda dapat menawarkan mereka diskon, langganan gratis, produk sampel, atau informasi gratis. Namun, hanya mengirim e-mail satu kali dan memberitahu mereka bahwa ini adalah satu-satunya surat; jika tidak, Anda dapat dituduh melakukan spam.
4. Arahkan lalu lintas bertarget ke situs web Anda. Ini dapat dilakukan dengan banyak dan berbagai cara: Beriklan online, beriklan offline, membeli lalu lintas, menggunakan pop up atau pop under situs web Anda, iklan spanduk dan pertukaran, menggunakan tanda tangan di email Anda, mengirimkan situs web Anda ke Mesin Pencari dan Direktori, menggunakan iklan bayar per klik atau bayar untuk posisi, daftar email, usaha patungan, advertorial, dan editorial.
5. Gunakan alamat situs web Anda pada kartu nama, alat tulis, dan semua literatur promosi.
6. Setiap kali Anda mengirim surat atau kegiatan promosi apa pun, selalu minta pelanggan/prospek Anda untuk memberikan nama dan alamat email mereka. Mintalah mereka untuk berlangganan ke daftar Anda dan, sekali lagi, buatlah hal itu bermanfaat bagi mereka dengan cara tertentu. Itu tidak perlu menghabiskan banyak biaya, jika ada, tetapi itu bisa sangat berharga bagi pelanggan potensial Anda.