RAHASIA #4 – Kekuatan Testimonial
Testimonial dari pelanggan dan klien dapat membantu bisnis Anda, dalam banyak kasus, secara besar-besaran, dalam hal meyakinkan pelanggan baru untuk membeli dari Anda. Mereka bisa sangat efektif dan sering kali menjadi perbedaan antara Anda mendapatkan bisnis dan kehilangannya.
Anda dapat memiliki situs web yang penuh dengan salinan penjualan yang bagus, dan Anda dapat terus-menerus sampai bingung tentang betapa hebatnya produk Anda, tetapi prospek Anda belum tentu percaya semuanya. Namun, berikan beberapa testimoni pelanggan asli, dan sertakan sebanyak mungkin informasi tentang penyedianya dan kemungkinan besar Anda akan melakukan penjualan.
Pikirkanlah, siapa yang lebih mungkin Anda percayai - penjual mobil bekas atau seseorang dari ujung jalan yang sangat senang dengan mobil baru mereka dari perusahaan yang sama? Jelas bukan?
Semakin banyak kesaksian asli yang dapat Anda berikan semakin baik. Tentu saja, prospek mungkin tidak membaca semua testimonial; mereka mungkin hanya memilih satu atau dua. Namun, ketika mereka melihat begitu banyak komentar positif yang memuji perusahaan Anda, bagaimana itu tidak membantu Anda melakukan penjualan? Ada satu Internet Marketer yang sangat sukses yang selalu menambahkan lebih dari 50 halaman testimonial di situsnya, dan dia semakin sukses.
Di Internet, ini bahkan lebih penting karena hanya ada sedikit hal lain yang bisa dilakukan. Seorang klien tidak dapat melihat wajah Anda, berbicara dengan Anda atau mengajukan pertanyaan, kecuali jika Anda memiliki pengaturan Autoresponder yang hebat!
Anda harus memberikan testimonial yang solid dan bagus untuk memberikan ketenangan pikiran bagi prospek baru Anda untuk berbisnis dengan Anda. Semakin banyak testimonial yang Anda miliki, semakin kuat alasan yang Anda berikan kepada orang-orang untuk membeli dari Anda.
Kapan harus minta testimoni
Waktu terbaik untuk meminta testimoni dari pelanggan yang sudah ada, atau pelanggan pertama kali, adalah segera setelah melakukan bisnis dengan mereka, dengan asumsi bahwa mereka senang dengan layanan Anda.
Tanyakan apa pendapat mereka tentang produk, layanan, layanan pelanggan, dll. Tanyakan apakah mereka bersedia menuliskannya untuk Anda di sana dan kemudian, dan menandatanganinya untuk Anda. Lakukan di tempat, karena jika Anda menyerahkannya kepada pelanggan Anda, mereka mungkin lupa melakukannya untuk Anda atau lupa seberapa bagus layanan/produk Anda. Tanyakan kepada mereka segera, dan Anda akan memiliki peluang bagus untuk memperoleh kesaksian kuat yang Anda butuhkan.
Cara menggunakan testimoni
Setelah Anda mulai mengumpulkan testimonial Anda, Anda dapat mulai menggunakannya segera untuk meningkatkan bisnis, dan pada gilirannya meningkatkan keuntungan Anda. Gunakan testimonial Anda di situs web Anda, dalam email, dan dalam materi dan aktivitas promosi lainnya.
Ketika Anda mengirim email, itu dapat dibuat menjadi pesan yang jauh lebih kuat dengan menambahkan satu atau lebih testimonial pelanggan/klien. Sama halnya, ketika Anda mengarahkan prospek ke situs web Anda, jika ada testimonial pelanggan atau halaman testimonial yang lengkap, ini akan menjadi insentif yang sangat kuat untuk memberi tip timbangan yang menguntungkan Anda, dan peluang penjualan Anda hanya dapat ditingkatkan.
Testimonial bekerja sangat baik bila digunakan dengan benar. Gunakan jika memungkinkan dan jangan pernah berhenti mengumpulkannya dari pelanggan/klien Anda.