Apa itu Meta Facebook ?

 





Sudah mencapai 9 tahun rupanya nama Facebook telah dipakai sehingga akhirnya Tepatnya pada tanggal 28-10-2021 perusahaan tersebut melakukan tindakan perubah menjadi Meta yang menjadikan dirinya sebagai induk FB, WhatsApp setra Instagram karena semua ini bagian dari rebranding perusahaan dan untuk  dari segi struktur perusahaan Facebook tetap tidak berubah karena  didalam visinya tetap akan selalu ingin membangun masa depan yang membantu semua orang memiliki banyak cara untuk bermain dan terhubung di Metaverse, Sebenarnya nama Mate ini merupakan penggabung dari berapa-berapa platform media sosial lainnya, sehingga kedepannya sanggup lebih imersif terhadap sebuah layanan internet yang diwujudkan di mana pengguna berada di dalam pengalaman, tidak hanya sekadar melihat atau mendengar.


Dari pendapat oleh satu pendiri Facebook tersebut telah menjelaskan bahwa pengguna dalam Metaverse akan dapat melakukan hampir semua hal yang mereka bayangkan, sehingga untuk Sebuah pengalaman yang sama sekali baru yang tidak sesuai dengan apa yang kita pikirkan pada komputer atau ponsel saat ini, bahkan dari segi Ruang 3D di Metaverse akan memungkinkan pengguna bersosialisasi, belajar, berkolaborasi, dan bermain dengan cara yang melampaui apa yang dapat kita bayangkan, maka dari itu Meta telah mengembangkan teknologi baru untuk membantu pengguna terhubung dan menjelajah di Metaverse, di antaranya virtual reality, augmented reality, dan smart glasses dengan begitu dapat memenuhi setiap kebutuhan pada penggunaan yang meraka inginkan.


Apa alasannya Facebook berganti nama ?


Sebenarnya disini kita ambil dari sebuah kutip The Verge yang menjelaskan tentang alasan yang Tergolong cukup mendasar mengapa Facebook berganti nama perusahaan menjadi Meta, ini merupakan tindakan agar dapat mencerminkan siapa mereka dan apa yang ingin perusahaan bangun dan  Selain rebranding, maka akan ada nama Meta dipilih untuk memperkuat posisi Facebook di Metaverse sehingga menurut Zuckerberg ini merupakan masa depan internet, Karena dengan konsep Metaverse semacam itu akan sanggup dihidupkan atau di-render dalam 3D ini sebagai lingkungan virtual yang setiap pengguna dapat masuki bukan hanya melihat di layar saja.


Namun untuk mengenai Metaverse ini merupakan sebuah istilah yang diciptakan dalam novel dystopian  yang berarti Snow Crash, dadi istilah inilah merujuk secara luas pada gagasan tentang dunia virtual bersama yang dapat diakses oleh semua orang menggunakan didalam perangkat yang berbeda, sehingga dari Pihak Facebook telah banyak berinvestasi dalam teknologi augmented reality dan virtual reality untuk memperkuat posisi mereka di Metaverse, bahkan isu yang Terbaru FB akan meluncurkan kacamata pintar hasil kolaborasi dengan Ray-Ban, selain itu dari Facebook sendiri juga mengumumkan banyak pembaruan produk virtual reality dan augmented reality dan Termasuk headset Oculus VR untuk menelepon teman menggunakan Facebook Messenger, dan untuk mengundang orang lain ke versi sosial rumah mereka sehingga  dijuluki sebagai Rumah Horison karena penggunaan tidak hanya satu Perangkat saja.


Apa Maksud dari kata Meta ?


Disini terdapat berapa poin yang perlu kita ketahui tentang nama baru dari facebook tersebut, untuk yang pertama dari kalimat (Meta) itukan berasal dari bahasa Yunani yang berarti "melampaui" sehingga menjadi sebuah prefiks/awalan yang artinya "setelah" atau "sesudah" sehingga berlaku atau berubah menjadi tingkat yang lebih tinggi, dari Menurut (Zuckerberg) sebuah nama tersebut menunjukkan bahwa masa depan dapat dibangun oleh siapa pun, dan dapat melampaui hal-hal yang dimungkinkan oleh internet saat ini, dengan begitu Hal-hal itu akan melampaui batasan layar gawai, batasan jarak, bahkan batas antara dunia nyata dan maya.



Sangat perlu difahami dari segi (Makna logo Meta) ini terlihat mengusung simbol pita membentuk angka delapan, yang menyerupai lambang infinite (tidak terbatas) atau pita mobius, sehingga Logo tersebut dibubuhi dengan warna biru khas Facebook, didalam laman resminya telah menjelaskan bahwa proses desain logo Meta dilakukan tidak seperti pada desain merek tradisional, soalnya memang merancang simbol ini untuk hidup dalam gerakan secara  3D, pada Logo tersebut digambar dari satu garis yang dibuat menggunakan teknologi Quest yang dimiliki Facebook sendiri, dan Logo Meta membentuk loop berkelanjutan yang bisa digunakan untuk desain 2D dan 3D, Adapun simbol tersebut bisa menyerupai huruf M yang berarti “Meta” namun juga bisa diartikan sebagai tanda tak terhingga yang melambangkan cakrawala tak terbatas pada Metaverse secara menyeluruh.


Dengan adanya tindakan merubah tersebut tetap tidak berpengaruh pada nama produk media sosial yang ada di bawah Meta, dari Nama Facebook sampai sekarang masih akan tetap digunakan untuk jejaring sosial besutannya, begitu pula dengan Instagram, WhatsApp, dll, dan saat ini merek tersebut juga  terkait erat dengan satu produk sehingga tidak mungkin mewakili semuanya. Tapi disini dari segi kode saham perusahaan akan diganti, dari perubahan nama perusahaan ini juga berimbas pada nama yang tercatat di bursa saham yang awalnya berkode "FB" akan dirubah menjadi "MVRS" tapi tidak akan berdampak terhadap transaksi pada investor kok.





Apa Dampak Negatif dari perubahan nama ?


Akibat ganti nama Facebook mengalami kerugian, soalnya setelah Facebook menggunakan Nama Meta belum genap satu bulan rupanya telah tersandung sebuah kasus hukum dan dituntut dengan biaya fantastis yaitu Rp 286 miliar, permasalahan ini bukan tanpa alasan karena dari tuntutan tersebut sebenarnya nama Meta telah digunakan oleh perusahaan lain, merupakan sebuah startup asal Arizona, Amerika Serikat yaitu Meta PC. Perusahaan ini juga memasarkan perangkat komputer, laptop dan software untuk gamer, untuk informasi ini Dilansir dari The Verge, perusahaan Meta PC ini sebenarnya dilaporkan telah beroperasi selama lebih dari satu tahun bahkan telah ada sebelum Facebook secara resmi mengganti nama perusahaan dan Tidak hanya itu lo, nama Meta PC bahkan sudah mendaftarkan merek dagang perusahaan tersebut pada bulan Agustus 2021 lalu, namun sangat di sayangkan sekali permintaan ini masih belum diterima secara resmi.


Kita mengetahuai bahwa Meta PC merupakan perusahaan kecil sehingga tidak dapat dipungkiri akan sangat kesusahan sekali untuk melawan sekelas Facebook dari segi hukum guna memperebutkan nama perusahaan tersebut, namun Meskipun begitu dari Meta PC akan terus berusaha untuk memperebutkan nama yang selama beberapa waktu belakangan ini sudah digunakan oleh perusahaan tersebut, tapi hingga sekarang ini seperti masih belum ada konfirmasi apapun dari Facebook mengenai nama Meta yang ternyata membuat perusahaan ini kena tuntutan sebenar Rp. 286 miliar dan kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Tags