Mengenal General Data Protection Regulation (GDPR) Blogger


gacerindo.com, Baru-baru ini mamang mendapatkan notifikasi pada dashboard adsense agar memenuhi kebijakan Uni Eropa. Munculnya notifikasi ini dikarenakan karena ada salah satu blog mamang yang ditargetkan ke luar negeri.
Lalu kenapa ada hal semacam ini? Peraturan Uni Eropa agar seluruh web atau blog diwajibkan untuk melindungi data-data user atau pengunjungnya. Aturan ini disebut General Data Protection Regulation atau GDPR.
Hal ini pun berlaku bagi google, maka baru-baru ini google pun mengupdate kebijakan persetujuan pengguna Uni Eropa.

Dampak Bagi Publisher Adsense Terkait GDPR

Mang saya mendapatkan notifikasi yang sama pada dashboard adsense saya, harus bagaimana? Jangan khawatir sob, karena google memiliki 2 opsi bagi publihser adsense yang menargetkan blog atau webnya ke luar negeri.
  • Iklan dipersonalisasi, iklan ini dapat menjangkau pengguna berdasarkan minat, demografi, dan kriteria lainnya. Karena penyedia teknologi iklan dapat mengumpulkan, menerima, dan menggunakan data pribadi dari pengguna dalam iklan yang dipersonalisasi, Anda harus mengidentifikasi semua penyedia teknologi iklan tersebut dengan jelas ketika Anda mendapatkan persetujuan pengguna untuk pengumpulan, berbagi, dan penggunaan data pribadi untuk personalisasi iklan.
  • Iklan tidak dipersonalisasi, iklan ini ditargetkan menggunakan informasi kontekstual daripada perilaku masa lalu dari pengguna. Meskipun iklan ini tidak menggunakan cookie untuk personalisasi iklan, iklan tersebut menggunakan cookie untuk memungkinkan pembatasan frekuensi, pelaporan iklan gabungan, dan untuk memerangi penipuan dan penyalahgunaan. Oleh karena itu, persetujuan diperlukan untuk menggunakan cookie untuk tujuan tersebut dari pengguna di negara-negara di mana ketentuan cookie EPrivacy UE berlaku.
Nah itu penjelasan 2 opsi iklan dari google. Lalu bagaimana langkah selanjutnya? Ikuti langkah berikut.


Bagi sobat yang menargetkan blognya ke luar negeri atau yang mendapatkan notifikasi, silahkan masuk ke dashboard adsense sobat.
Silahkan Pilih Allow & block ads > All my site > EU User Consent. Kemudian pilih lagi Personlised ads (Iklan yang dipersonalisasi), pilih kembali Commonly used set of ad technology providers (Penyedia/advertiser yang umum digunakan). Pilih Save changes.
Bagi sobat yang tidak menargetkan blognya ke luar negeri pilih saja Non-personalised ads lalu simpan.
Dengan menentukan iklan yang dipersonalisasi, Anda harus mengidentifikasi setiap penyedia teknologi iklan yang menerima data pribadi pengguna akhir sebagai konsekuensi dari penggunaan Anda atas produk Google dan memberikan informasi tentang penggunaan data tersebut. Penyedia teknologi iklan (termasuk Google dan jaringan dan vendor iklan lainnya) menggunakan data tentang pengguna Anda, misalnya, untuk menampilkan kepada mereka iklan yang dipersonalisasi atau melaporkan tentang konversi.
Semoga bermanfaat