Taktik link building yang berisiko
Mungkin di masa yang lalau kamu pernah melakukan link building dengan cara menempatkan backlink di berbagai web atau blog atau media sosial sebanyak mungkin. Bahkan kamu mungkin pernah menjual atau membeli backlink yang mengarah kepada blog kamu, justru teknik ini bisa dikatakan spam oleh google.
Menanam backlink yang banyak diberbagai blog atau web orang lain memang bisa mengangkat rating blog kamu tapi itu hanya sementara saja, tidak untuk jangka panjang.
Tapi kalau google menyatakan link kamu itu spam, maka siap-siap deh kena penalti dari google.
Link Building yang tidak boleh dilakukanNah ada beberapa poin yang tidak boleh dilakukan dalam melakukan link building, tapi kayaknya kamu keseringan deh. Coba cek poin-poinnya dibawah ini:
- Jangan membeli tautan atau backlink.
- Jangan bertukar tautan atau backlink.
- Hindari program otomatis untuk mendapatkan tautan atau backlink.
- Jangan melakukan blogging tamu atau guest posts dengan konten yang sangat tipis dan di luar topik.
- Jangan berkomentar di blog atau forum jika satu-satunya tujuan anda adalah meninggalkan tautan di komentar.
- Telalu over dalam mengoptimalkan anchor text bukanlah ide yang baik.
- Anda seharusnya tidak memiliki tautan yang tidak terkait dengan topik situs web Anda.
- Hindari memiliki tautan dari situs yang tidak memiliki konten nyata.
- Anda tidak boleh memiliki tautan dari situs spam yang hanya bertujuan mengiklankan perjudian, viagra, atau porno (kecuali situs web Anda tentang perjudian, viagra, atau porno).
Setelah mengetahui poin-poin diatas, selanjutnya masih ada beberapa poin link building yang jarang dilakukan tapi sebaiknya jangan pernah mencobanya. Berikut pembahasannya.
1. Menautkan backlink hanya ke beranda? Jangan!
Anda harus memastikan untuk mendapatkan tautan ke berbagai halaman di situs web Anda dan tidak hanya ke beranda Anda. Jika Anda hanya menerima tautan ke beranda Anda, pembuatan tautan Anda akan terlihat spam. Tentu saja, jika seseorang menulis tentang merek Anda, tautan ke beranda Anda sesuai. Tetapi jika sebuah situs web menulis tentang produk atau tentang berita dari perusahaan Anda, mereka biasanya menautkan ke halaman produk, berita, atau blog Anda. Itu hanya cara alami yang ditautkan orang ke halaman lain.
Anda harus memastikan strategi link building kamu dilakukan dengan cara alami orang menaut ke situs web. Manfaat tambahan: menautkan ke halaman yang lebih spesifik mungkin akan menghasilkan konversi yang lebih baik di situs web Anda! Jadi, Anda harus berupaya mendapatkan tautan untuk halaman produk penting , atau untuk halaman konten landasan Anda . Dapatkan tautan ke halaman-halaman di mana kesepakatan ditutup! Ini akan membuat profil tautan situs web Anda tepercaya dan akan meningkatkan konversi pada saat yang sama!
2. Membayar untuk tautan tertentu? Jangan!
Tautan lain yang membangun dangan jangan dilakukan yaitu membeli tautan atau link. Anda mungkin semua tahu bahwa membeli tautan di perusahaan yang mengklaim mendapatkan peringkat cepat bukan sesuatu yang direkomendasikan. Tetapi bagaimana dengan satu tautan dari satu perusahaan? Apakah salah membeli salah satu backlink dari perusahaan seperti itu? Bagaimana Google akan mengetahui hal itu?
Google tidak akan tahu tentang satu tautan yang Anda beli dari satu perusahaan. Tetap saja, kami sarankan untuk tidak melakukannya. Jika perusahaan ini telah menjual satu tautan kepada Anda, mereka dapat menjual lebih banyak tautan ke lebih banyak orang. Dan meskipun satu tautan tidak akan mengkhawatirkan Google, karena jumlah tautan yang dipertanyakan di situs web meningkat, risiko terkena Penguin atau penalti manual juga meningkat.
3. Memodifikasi konten Anda di situs yang berbeda? Jangan!
Cara untuk mendapatkan tautan adalah dengan menulis artikel tentang perusahaan Anda atau tentang produk Anda dan mencoba mempublikasikan artikel ini di situs lain. Berhati-hatilah untuk tidak mempublikasikan konten yang sama di situs yang berbeda! Artikel di mana beberapa kalimat dan paragraf dialihkan dan beberapa kata diubah masih tetap merupakan duplikat konten ke artikel asli. Apalagi jika Anda mengulangi trik ini beberapa kali.
Singkatnya: memodifikasi konten tidak membuat konten baru. Ini adalah trik membangun tautan dan bisa menjadi bumerang. Tulis artikel untuk audiens situs web tempat Anda mengirimkan barang Anda. Ya, itu banyak pekerjaan. Tidak ada yang mengatakan pembuatan tautan itu mudah ...
4. Lupa tentang media sosial? Jangan!
Jika Anda membangun tautan, jangan tinggalkan media sosial! Media sosial pasti harus dimasukkan dalam strategi membangun tautan Anda, bahkan jika itu tidak sepenuhnya jelas sejauh mana tautan dari media sosial benar-benar membantu dalam peringkat Anda. Jika Anda menerima banyak tautan dari situs web lain secara tiba-tiba, akan sangat aneh jika Anda tidak mendapatkan tautan dari situs media sosial juga. Itu tidak masuk akal dan bisa membuat Anda terlihat spam di mata Google. Jadi, di samping upaya Anda untuk menerima tautan dari situs web yang sesuai.
5. Fake link building? Jangan!
Strategi link building harus terlihat dan dilakukan secara alami! Pastikan pembuatan tautan Anda tidak palsu. Tautan harus ditempatkan karena tautan tersebut dapat bermanfaat bagi pengguna situs web. Mereka harus sesuai dengan konten halaman yang mereka tambahkan. Idealnya, strategi membangun tautan Anda adalah bagian dari strategi pemasaran yang ditujukan untuk memberi tahu orang-orang tentang perusahaan Anda, situs web Anda, atau produk Anda. Seharusnya tidak bertujuan hanya untuk mendapatkan tautan berkualitas sebanyak mungkin.
Kesimpulan: tautan harus selalu bermanfaat
Dari perspektif SEO holistik , tautan harus bermanfaat bagi pengguna situs web. Tautan harus ada karena sangat berartu, karena teks tempat tautan disematkan merujuk ke halaman tertentu.
Tautan dimaksudkan untuk diklik. Oleh karena itu, pembuatan tautan harus harus yang bermanfaat bagi audiens situs web, sehingga tautan tersebut akan diklik!