4 Hal Penting Ini Akan Membuat Judul Konten Blog Anda Lebih Menarik

Apa yang dibaca pertama kali ketika seseorang membaca konten blog Anda? Judul!

Setelah membaca judul, lalu apa yang akan dipikirkan seseorang ketika membaca judul konten tersebut?

Menarik, atau tidak menarik.

Lantas, apa yang akan dilakukan seseorang ketika berfikir bahwa judul konten blog tersebut menarik?

Membaca hingga tuntas. Berkomentar, lalu membagikannya via sosial media.Lalu, apa yang akan dilakukan seseorang ketika berfikir bahwa judul konten tidak menarik?

Menutup blog, lalu meninggalkannya.

Pernahkah Anda melakukan hal di atas? Saya yakin, Anda pernah melakukannya, sebagaimana saya kerap melakukannya. Saya akan membaca hingga selesai sebuah konten blog, jika memang judulnya menarik bagi saya. Sebaliknya, saya segera meninggalkan blog jika judul konten yang saya baca tidak menarik.

Apa Kriteria Judul Konten Yang Menarik?

Menurut Brian Clark, mengutip para trainer copywriting Amerika, kriteria judul yang menarik itu meliputi 4 hal.

1. Memberikan Keuntungan Bagi Pembaca

Apa yang ingin didapatkan seseorang ketika berbisnis? Tentu keuntungan. Begitu juga dengan judul konten blog.

Katakanlah Anda seorang konten marketer yang sedang mencari referensi tentang bagaimana cara memulai konten marketing. Ketika searching di google, anda menemukan konten yang dapat dijadikan referensi.

Setelah Anda baca, ternyata konten tersebut memberikan jalan keluar bagi anda yang sedang berusaha memulai konten marketing.

Itulah keuntungan.

2. Mempunyai Urgensi atau Mendesak

Sesuatu yang urgen, atau mendesak, adalah satu hal yang harus segera dilakukan. Jika tidak, maka akan mempunyai konsekuensi yang tidak diinginkan (fatal). Unsur urgensi biasanya dibatasi oleh ketersediaan waktu untuk melakukannya.

Menulis judul konten yang urgen, berarti judul tersebut mendesak untuk segera dibaca. Jika tidak segera dibaca, maka akan menimbulkan kerugian bagi pembaca.

3. Unik

Apa yang dimaksud denga kata unik dalam konten marketing dan blogosphare?

Menurut Phil Nottingham, unik adalah ketika Anda bertanya pada diri sendiri dengan pertanyaan, “Apakah ada orang lain yang menulis judul seperti yang saya tulis ini?”

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), unik dapat didefinisikan dengan tersendiri dalam bentuk atau jenisnya; lain dari pada yang lain; tidak ada persamaan dengan yang lain; khusus;

Judul yang unik berarti judul yang berbeda dengan judul lainnya. Judul yang unik juga berarti judul yang tidak sama dengan judul-judul lain meski tema pembahasannya sama.

4. Spesifik

Bandingkan dua judul konten berikut ini.

  • “Tips Menjadi Blogger Sukses”
  • “Tips Menjadi Blogger Dengan Penghasilan di Atas $500 per Bulan”

Mana yang lebih spesifik menurut Anda?

Sepertinya judul yang kedua lebih spesifik ketimbang judul yang pertama. Sebab, kata “sukses” pada judul pertama mengandung pengertian yang luas. Sedang kata “di Atas $500 per Bulan” terasa lebih jelas dan lebih khusus.

Dengan kata lain, buatlah judul konten blog Anda sekhusus mungkin agar lebih jelas.

Kesimpulan

Membuat atau menulis judul konten yang menarik pembaca memang tidak mudah. Menggabungkan 4 hal di atas membutuhkan latihan yang terus menerus.

Jika Anda konsisten dan tidak menyerah, percayalah 4 hal di atas akan berfungsi seperti apa yang Anda harapkan.

Nah, blogger, konten marketer, bagaimana Anda menulis judul konten blog Anda selama ini?