Aplikasi Harga Saham Real Time

Saya sering mendapat pertanyaan dari rekan-rekan trader pemula yang sedang mencari aplikasi harga saham untuk memantau pergerakan saham secara real time. 

Memantau saham real time berarti Kamu memantau pergerakan naik turunnya harga saham selama jam trading Bursa sedang berlangsung. Jadi misalnya Kamu memantau pergerakan saham Unilever, maka dengan adanya aplikasi khusus, Kamu Dapat memantau naik turunnya, besar kecilnya permintaan beli dan jual di saham Unilever tersebut. Demikian pun dengan saham2 lainnya. 

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi2 yang dibuat untuk itu. Kalau Kamu biasa mengamati saham melalui smartphone Kamu, Kamu juga Dapat download melalui Playstore, beberapa diantaranya adalah aplikasi Indonesia Stock Exchange Data, RTI Business dan lain2. 

Tapi kalau pengalaman saya pribadi, saya (hampir) tidak pernah menggunakan aplikasi2 khusus untuk memantau saham real time. Saya hanya menggunakan software saham yang sudah disediakan sekuritas tempat saya trading dan buka akun. 

Karena dengan memantau saham real time melalui aplikasi trading sendiri, Kamu Dapat lebih familiar dengan software trading yang Kamu gunakan. Dengan memantau saham melalui aplikasi trading Kamu sendiri, Kamu secara langsung juga mempelajari menu2 yang ada di software saham yang nantinya Kamu gunakan untuk eksekusi trading.   

Jadi rekomendasi saya, kalau Kamu mau pantau harga saham real time, pakailah aplikasi sekuritas yang sudah disediakan. Sebagai contoh, Kamu ingin trading menggunakan Mandiri Sekuritas. 

Maka, gunakan saja aplikasi Mandiri Sekuritas untuk memantau saham real time. Kamu tidak perlu menggunakan atau mencari aplikasi2 lain. Karena pada umumnya, aplikasi buat memantau saham real time, rata2 fungsinya tidak jauh beda. 

Boleh-boleh saja Kamu mencoba aplikasi lain jika Kamu penasaran. Namun, saran saya Kamu harus tetap menggunakan aplikasi trading Kamu sendiri buat memantau saham real time. 

Sekarang coba Kamu pikirkan, Kamu trading di Mandiri Sekuritas, menggunakan aplikasi MOST. Tapi Kamu malah lebih sering memantau saham real time melalui aplikasi lain yang bukan dari sekuritas. Harusnya, supaya Kamu lebih familiar dengan aplikasi trading Kamu, ya gunakanlah aplikasi trading di sekuritas tempat Kamu buka akun saham.  

Salah satu kelemahan pemula yang sering saya temui adalah: Pemula bingung dengan tampilan software tradingnya. Setelah buka akun, trader pemula bingung karena tidak familiar dengan tampilan, menu dan tata letak software. Akhirnya trader pemula tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika berhadapan dengan pasar saham. 

Maka dari itu, buat menutup kelemahan2 ini, ada baiknya Kamu menggunakan aplikasi trading Kamu buat memantau saham real time, mengamati running trade, running order, grafik dan lain-lainnya. Kamu juga mempelajari menu2 yang ada di software Kamu. 

"Pak Heze gimana kalau saya belum punya akun di sekuritas? Atau gimana kalau akun saya masih belum jadi?" Tanya Kamu

Kalau Kamu belum punya akun di sekuritas, tentu saja Kamu harus membuka rekening saham terlebih dahulu. Langkah2 membuka rekening saham, dan sekuritas yang saya rekomendasikan, pernah saya tulis di ebook gratis (26 halaman) disini: Ebook Gratis Panduan Membeli Saham Bagi Pemula. Kamu Dapat download. 

Namun jika Kamu sudah daftar di sekuritas tetapi akun saham Kamu masih dalam proses, Kamu Dapat mencoba akun demo dari sekuritas Kamu. 

Di setiap sekuritas menyediakan akun demo / trial, agar Kamu Dapat memantau saham real time. Kamu Dapat cari di website resmi sekuritas untuk download akun demo trading. Dengan demikian, sebelum trading setidaknya Kamu sudah lebih familiar dengan software trading yang nantinya Kamu pakai.