Sebenarnya untuk sebuah kalimat ‘frictionless’ memang jarang terdengar di percakapan sehari-hari, tapi sempat viral sosial media beberapa tahun belakangan ini, sehingga banyak orang yang ingin tau apa Arti sebenarnya, maka disini dari segi makna itu memili arti sebagai ‘nirgesekan’ atau tanpa gesekan, sehingga proses pengaplikasiannya bisa diterapkan pada berbagai bidang, baik itu bisnis atau perusahaan, keuangan, bahkan dalam kehidupan pribadi seseorang. Nah kalo sistem Fractionless dalam bisnis dan perusahaan adalah bagaimana agar bisnis menghidari gesekan terhadap kompetitor. Dewasa ini perkembangan bisnis semakin pesat. Banyak perusahaan saling berlomba-lomba untuk menjadi yang terdepan pada industrinya. Masing-masing berusaha berusaha muncul dan tumbuh dengan kreativitas, daya cipta, serta inisiatif kuat untuk dapat menciptakan beragam inovasi yang dapat menjadi daya tarik bagi konsumen untuk membeli produk atau jasa mereka.
Oleh sebab itu Frictionless ini termasuk teknologi mutakhir yang dikembangkan pada zaman sekarang ini, sehingga bisa dikatakan sebagai salah satu alat untuk memudahkan serangkaian aktivitas yang manusia lakukan pada saat ini seperti halnya pembayaran melalui sistem pemindai yaitu melakukan pemindaian pada objek tanpa adanya proses gesekan. Frictionless adalah sebuah objek yang fungsinya adalah untuk dipindai oleh alat pemindai sehingga informasi ini akan dilakukan secara otomatis tanpa adanya aktivitas gesekan seperti halnya mengambil uang pada mesin ATM, dan pastinya sistem ini akan sangat memudahkan bagi pengguna layanan tersebut dalam melakukan aktifitas Transakasi setiap harinya.
Komponen frictionless
disini terdapat tiga tahap untuk proses penerapan frictionless sebagai berikut.
1. untuk tahap yang pertama, disini akan dimulai dengan Setiap perusahaan pasti memiliki tim penjualan dan atau agen, dan Masing masing mereka umumnya tidak tahu di mana harus fokus dan mungkin tidak mengalokasikan waktu dan usaha mereka dengan bijak. Mereka biasanya hanya mengandalkan teknik yang pada dasarnya tidak berbeda dengan mencari jarum di tumpukan jerami. Mengingat hal tersebut, tugas manajer penjualan atau direktur adalah membimbing tim untuk memprioritaskan upaya mereka dan menghabiskan lebih banyak waktu demi penjualan, maka berikut ada beberapa tahap yang perlu dilakukannya yaitu. dimulai dari proses meneliti penjualan, Apakah proses tersebut perlu diperbarui? Serta bagaimana setiap prosesnya agar dapat ditingkatkan untuk memaksimalkan produktivitasnya, lalu dilanjutkan dengan tindakan mengevaluasi terhadap alat dan teknologi penjualan, sekaligus melihat lebih dekat aktivitas repetisi sehariannya, untuk tugas tingkat pemula melakukan otomatisasi sehingga perwakilan dapat fokus pada aktivitas yang lebih penting dan menghasilkan pendapatan sesuai target yang diinginkan.
2. selanjutnya tahap yang kedua (Mensejajarkan) maksudnya setelah Kamu memulai dengan tim maka langkah berikutnya yaitu menyelaraskan mereka dengan target pembeli, hal ini bertujuan untuk mengurangi gesekan dan memudahkan pembeli untuk fokus mengatakan “oke, saya akan beli” maka langkah yang harus dilakukan antara lain, selalu memastikan bahwa tim Kamu tersedia 7x24 jam untuk melayani penlanggan, memudahkan klien Kamu untuk menjadwalkan pertemuan dengan Kamu memberikan harga dan diskon yang transparan. Semakin terbuka tentang penetapan harga, semakin banyak kepercayaan yang Kamu bangun dengan prospek yhang dijalankan, mempermudah pembeli untuk membatalkan, Jika Kamu mencoba mengunci pembeli Kamu ke dalam kontrak dua tahun, maka akan sulit mendapat kepercayaan pelanggan, untuk contoh, Misalnya terdapat banyak pertanyaan apakah produk yang dijual dapat diintegrasikan dengan Alat tertentu, Maka Kamu diharuskan untuk mengajukan permintaan agar tim produk dapat mengerjakan integrasi tersebut sehingga dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi pelanggan yang telah berminat.
3. untuk yang ketiga (Mentransformasikan) ini merupakan tahap terakhir dari penjualan frictionless melibatkan transformasi tim Kamu melalui budaya pembelajaran perusahaan dengan cara menggunakan alat pelaporan data yang lebih canggih yang memberi Kamu akses ke data secara realtime, memberikan repetisi baru atau yang sedang berjuang dengan buku pedoman dan materi pelatihan lainnya, mendorong agen Kamu untuk berbagi pembelajaran dan praktik terbaik mereka dengan anggota tim lainnya, dan meluangkan lebih sedikit waktu untuk pelaporan dan lebih banyak waktu untuk pelatihan penjualan.
Tujuan Frictionless
pada dasarnya mengenai tujuan dari Frictionless ini adalah agar kedepannya sanggup dan dapat membantu pihak yang terlibat dalam strategi tersebut agar bisa dioperasikan secara lebih efektif. Upaya untuk mengatasi adanya gesekan atau segala hal yang membuat urusan bisnis tidak berjalan mulus harus diminimalisir atau dihilangkan, selain itu dengan metode Frictionless juga harus mampu mengatasi segala hambatan dalam bisnis misalnya kekurangan SDM, minimnya modal, kuatnya dominasi pesaing, inefisiensi dalam rantai pasokan dan sebagainya.
Frictionless merupakan transaksi tanpa kartu yang dapat dilakukan oleh pengguna, kemungkinan besar teknologi ini akan cukup banyak digunakan seiring berkembangnya teknologi. Seperti kita tahu penggunaan uang dalam bentuk fisik juga untuk saat ini sudah sedikit dikurangi, kebanyakan orang menggunakan ATM sebagai uang yang bisa dibawa kemana-mana. Setelah itu muncul payment sistem gopay , ovo dan lainnya yang mulai merajai pasar transaksi keuangan di indonesia. Kemungkinan besar, platform digital, produsen dan berbagai pebisnis dalam jangka waktu kedepan menggunakan Frictionless sebagai daya tarik transaksi dan penunjang kecepatan bisnisnya lebih akurat dan tepat sasaran pastinya sesuai dengan harapan sehingga menghasilkan keuntungan terhadap pihak-pihak yang telah terlibat didalamnya.
Cara Kerja Frictionless
konsep ini sebenarnya memang dapat digunakan secara teori untuk bisa mendukung penelitian investasi maupun konsep perdagangan. Nah, dalam berinvestasi banyak sekali pengembalian kinerja yang akan mengasumsikan biaya frictionless market ini. Cukup penting bagi para investor untuk melihat analisis frictionless untuk pemahaman yang realistis tentang pengembalian dari sekuritas. Model dari penetapan harga seperti Black Scholes serta metodologi lainnya juga yang akan membuat asumsi frictionless market ini penting untuk dipertimbangkan dikarenakan biaya aktualnya akan dikaitkan dengan aplikasi dunia nyata.
dengan munculnya berbagai platform perdagangan baru untuk investor melalui inovasi teknologi keuangan yang memperluas cakupan aktivitas pasar serta membantu bergerak menuju pasar yang nyaris tanpa frictionless. Contohnya platform seperti Robinhood yang bisa memberikan salah satu example didalam perdagangan tanpa biaya yang mereka hampir menghilangkan biaya perdagangan frictionless market. Akan tetapi, mereka itu dan pialang ritel lainnya akan menjual aliran pesanan pelanggan mereka ke para pembuat pasar. Seiring dengan meningkatnya persaingan, biaya perdagangan juga akan terus menurun yang membantu mengurangi adanya biaya friction.Memilih platform pialang yang akan memberikan pengembalian kinerja, termasuk juga biaya perdagangan ataupun meminta jenis laporan lainnya dari penasihat keuangan yakni salah satu dasar untuk analisis friction sehingga hasilnya bisa lebih baik lagi.
Selain dari biaya perdagangan memang sebenarnya ada juga beberapa biaya lainnya yang memang harus dipertimbangkan oleh investor. Secara umumnya, analisis friction dapat membantu investor untuk bisa memahami biaya ini dengan cata mengintegrasikan biaya investasi langsung dan tidak langsung. Ohya, pajak merupakan salah satu variabel cukup penting dikarenakan harus dipertimbangkan investor dalam analisis biaya frictionless. Pajak akan bervariasi dalam berdasarkan keuntungan modal jangka pendek ataupun jangka panjang, akan tetapi dalam kedua situasinya mereka ini masih harus dibayar apabila investor mengambil keuntungan dari investasi tersebut.
Ruang lingkup penerapan Frictionless
didalam penerapan Frictionless yang berarti tidak ada gesekan atau bisa mencapai sesuatu tanpa usaha yang berarti. Konsep frictionless dapat ditemukan dalam berbagai bidang, mulai dari fisika, keuangan, marketing, teknologi, bisnis, dan lain sebagainya. Kalau dijabarkan seluruhnya bakal sangat panjang. Jadi jawaban akan saya batasi yang terkait dengan ekonomi dan finansial saja.
1. (Frictionless market) ini merujuk pada ekosistem perdagangan di mana tidak ada biaya (termasuk pajak) dan batasan transaksi apapun. Frictionless market diadopsi dalam teori dan analisa di bidang investasi dan perdagangan. Misalnya menasumsikan tingkat pengembalian tanpa adanya perhitungan biaya di frictionless market. Sejumlah metode analisa juga mengasumsikan Frictionless market dalam kalkulasi mereka, seperti model Black-Scholes yang membantu menganalisa nilai teoritis aset derivatif berdasarkan resiko dan waktu.
2. (Frictionless Customer Experience) merupakan proses memberikan pengalaman kepada konsumen dari awal hingga transaksi dilakukan dengan mulus tanpa adanya gesekan. Gangguan dalam proses pembelian bisa saja memicu konsumen mengubah keputusannya. Frictionless Customer Service akan membantu perusahaan mencegah hal ini. Contohnya perusahaan bisa menawarkan daftar pertanyaan mengenai produk yang dicari konsumen lalu merekomendasikan produk yang sesuai data tersebut.
3. (Frictionless service) yaitu memberikan sebuah pengalaman yang tidak terputus dengan brand. Caranya dengan memberikan berbagai saluran yang dapat dipilih oleh konsumen untuk mencoba produk dari brand tersebut. Contohnya dengan menyediakan akses melalui aplikasi smartphone, aplikasi pesan instan, channel Youtube, situs, dan lain sebagainya.
4. (Frictionless business) adalah aksi yang dapat diambil perusahaan untuk menciptakan dan mempertahankan konsumen. Aksi-aksi tersebut terdiri atas strategi yang diterapkan perusahaan, teknik marketing, pengembangan produk, saluran, pelayanan pelanggan, peningkatan sumber daya manusia perusahaan, dan lain sebagainya, Hasil dari frictionless business berupa peningkatkan volume penjualan dan meluasnya pangsa pasar perusahaan.
5. (Frictionless payment) merupakan sebuah proses pembayaran dengan memanfaatkan teknologi, bisa berupa perangkat keras (kartu), aplikasi, hingga situs untuk mempercepat proses transaksi. Ketika proses transaksi simpel, maka konsumen akan senang berbelanja yang berdampak pada peningkatan penjualan. Contohnya transaksi beli makanan dengan Gopay yang sekarang ini sudah banyak digunakan terutama masyarakat indonesia.
Penerapan frictionless diindonesia
mengenai Peran sistem frictionless didalam e-commerce untuk Mendorong Peningkatan Industri Pembayaran Digital memang tergolong cukup pesat sekali, bahkan beberapa tahun terakhir dari berbagai platform mulai bermunculan di tanah air sekaligus mulai tumbuh dengan drastis, sehingga dari bank Indonesia bahkan menyebutkan bahwa di tahun 2019-2020 untuk jumlah transaksi e-commerce per bulannya mencapai Rp. 20–100 triliun, dengan semakin berkembangnya pasar e-commerce ini juga turut mengubah gaya hidup masyarakat dalam sistem pembayaran, bahkan dirilis Pusat Data Analisa Tempo juga telah menunjukkan adanya pembayaran secara elektronik lebih banyak diminati, Walaupun belanja dilakukan secara offline, seperti di pusat perbelanjaan, tetapi sebagian besar hampir mencapai diatas 50 persen dari responden melakukan pembayaran secara elektronik bahkan tergolong diminati baik oleh pria maupun perempuan bahkan juga termasuk disemua kelompok usia, Hal ini tentunya membuka peluang terhadap pihak layanan keuangan berbasis teknologi untuk terus berkembang di Indonesia dan salah satunya industri pembayaran digital berbasis uang elektronik pun diprediksi akan semakin banyak diminati dalam setahun mendatang dan menggeser cara transfer melalui internet banking atau mobile banking yang saat ini paling banyak dilakukan oleh semua golongan.
memang telah kita ketahuai bahwasannya dari masyarakat telah menyukai frictionless payment, karena memberikan banyak sekali manfaat seperti halnya akan membuat kemudahan, keamanan, efisiensi setra pastinya dari segi biaya akan tergolong lebih murah. dari sinilah muncul kesempatan dan model bisnis baru terutama Usaha Kecil dan Menengah, misalnya saja dari masyarakat bisa membuat usaha jual makanan tanpa mencari lokasi yang mahal dan straregis hanya cukup dengan mengandalkan aplikasi saja disini sudah bisa untuk pemesanan juga lebih aman karena fraud menjadi lebih mini sekali. selain itu dari segi pemanfaatan terhadap sistem pembayaran digital pun mendukung masyarakat dalam menggunakan transportasi online, parkir, membayar tol, membeli makanan hingga transaksi di berbagai e-commerce. Tentu ada banyak aspek dan pihak yang terlibat di dalamnya sehingga perlu diketahui publik yang pastinya semua ini akan lebih memudahkan semua orang dalam melakukan aktifitas bisnisnya.
Kelebihan dan kekurangan Frictionless
ditinjau berdasarkan aspek keuntungan dari Frictionless antara lain, akan memperkecil sedikit Kesalahan Manusia, soalnya Sistem yang diaplikasikan itu bersifat otomatis sehingga dapat menciptakan banyak konsistensi dari sinilah akan dapat mengurangi kesalahan manusia yang dari sumber utama karena adanya sebuah gesekan dalam sistem apa pun dan lebih mudah dalam menghapus sekaligus membuat proses lebih cepat dan lebih mudah dilakukan. pastinya akan adanya peningkatan Kecepatan karena lebih sedikit upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan tugas setra memungkinkan alur kerja yang lebih efisien dari waktu kewaktu. selain itu dari segi pengoperasian akan Lebih Efisien sehingga dari segi produktivitas akan lebih besar di seluruh bisnis perusahaan bahkan untuk Karyawan yang awalnya mendapat lebih sedikit kerumitan dan stres, karena sistem ini mereka tersebut tidak perlu menghabiskan waktu yang berharga untuk mencari informasi atau melakukan operasi kompleks yang menghabiskan energi dan menghabiskan uang karena semuanya sudah dapat diaplikasikan secara otomatis.
untuk sisi Kerugian Frictionless, sebenarnya akan ada sebuah peningkatan risiko keamanan, karena Ketika kita berbicara tentang perdagangan frictionless maka disini tidak hanya berbicara tentang teknologi namun juga berbicara tentang faktor kepercayaan, Itu berarti bahwa jika kita ingin membangun startup perdagangan yang sukses sangat diperlukan sekali untuk memastikannya memiliki langkah secara bertahap kepada keamanan yang solid, kalo hal ini tidak dilakukan besar kemungkinan dapat membahayakan data pelanggan kita. terus sebenarnya yang menjadi Salah satu masalah terbesar pada frictionless ini yaitu dalam mencari tahu bagaimana untuk mencapai keseimbangan antara menjadi nyaman bagi pelanggan tanpa terlalu murah atau merendahkan merek tersebut dan Jika kita melangkah terlalu jauh ke satu sisi atau yang lainnya ini akan mungkin kehilangan pelanggan yang tidak merasa dihargai dan tidak ada keahlian teknologi yang dapat menggantikan atas keterampilan pemasaran dan pengembangan produk yang baik dan berkualitas.