RAHASIA #2 – Prinsip AIDA
Ada 4 prinsip utama yang harus Anda ikuti saat menulis segala bentuk materi iklan atau promosi, baik online maupun offline. Ini adalah prinsip-prinsip A.I.D.A dan merupakan dasar bagi keberhasilan setiap bagian dari iklan.
A.I.D.A adalah singkatan dari • Attract • Interest • Desire • Action
Attract - Bagian terpenting dari setiap iklan, email, selebaran, surat penjualan, brosur, atau aktivitas promosi lainnya. Beri tahu prospek Anda SEGERA dan tepat 'apa untungnya bagi mereka'. Tanpa menjawab pertanyaan ini, mengapa prospek Anda harus membaca lebih jauh? Buat headline Anda menarik, menarik perhatian, dan benar-benar menarik bagi target pasar Anda, atau Anda akan kehilangan mereka.
Interest - Setelah Anda berhasil menarik prospek, Anda harus mempertahankan minat mereka. Menekankan kembali dan memperluas judul, dengan asumsi bahwa judul Anda mencakup manfaat utama, dapat melakukan ini. Jika mereka menyukai tajuk utama Anda, mereka akan menginginkan lebih banyak hal yang sama, jadi segera ikuti manfaat dari tajuk utama.
Desire - Anda perlu menciptakan keinginan dalam prospek, karena mereka akan membeli apa yang mereka "inginkan" belum tentu apa yang mereka "butuhkan". Anda dapat melakukan ini dengan memperkenalkan poin-poin atau salinan yang lebih kuat. Either way, Anda perlu memberikan alasan klien untuk keinginan, untuk "ingin" memiliki produk atau layanan Anda. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan melihat fitur produk atau layanan Anda. Latihan ini akan membantu: Bagilah selembar kertas menjadi dua kolom. Di kolom pertama, masukkan masing-masing fitur. Di kolom kedua, tambahkan manfaat; alasan bahwa pelanggan Anda akan menginginkan apa yang Anda jual. Contohnya adalah fitur 1: 'Jam Fleksibel', diikuti oleh Manfaat 1: 'Anda dapat mengatasi pekerjaan dan komitmen Anda yang ada'.
Action - Aneh meskipun tampaknya ajakan bertindak sangat diperlukan. Mencantumkan alamat, nomor telepon, atau alamat email Anda di bagian bawah selebaran Anda berarti tidak menjamin tanggapan! Anda harus menggunakan kata-kata seperti 'Hubungi Hari Ini', 'Hubungi Sekarang untuk menghindari kekecewaan!' 'Kirim email kepada kami hari ini', 'Isi slip balasan di bawah dan kirimkan gratis hari ini'.
Buatlah semudah mungkin bagi prospek untuk menghubungi Anda. Aturannya adalah untuk menjaga hal-hal sederhana. Faktanya, semakin sederhana - semakin baik. Ini karena kebanyakan orang malas. Beri tahu prospek Anda apa yang perlu mereka lakukan untuk mengambil tindakan.
Iklan yang ditulis dengan baik, dirancang dengan baik, ditempatkan di publikasi yang tepat dan di posisi yang tepat, tanpa ragu akan meningkatkan tanggapan dan pada akhirnya penjualan.
Kiat Teratas
• Tulislah sebanyak mungkin berita utama yang prospektif. Semakin banyak Anda menulis, semakin baik Anda nantinya dan semakin besar kemungkinan Anda akan menemukan judul atau baris subjek yang menarik pertanyaan dan perintah seperti orang gila. (Lihat Judul/Baris Subjek).
• Mintalah orang lain membaca tawaran Anda untuk memastikan itu masuk akal bagi mereka, dan juga bagi Anda.
• Pastikan iklan Anda mudah dibaca, dan mengalir dengan baik dari awal hingga akhir.
• Selalu tambahkan testimoni pelanggan untuk menambah kredibilitas produk atau layanan Anda (jika memungkinkan).
• Selalu periksa tata bahasa & ejaan iklan, surat, atau buletin Anda. Tidak ada yang terlihat lebih tidak profesional daripada tata bahasa yang buruk dan kesalahan ejaan (oops).
• Uji berbagai komponen penawaran Anda satu per satu, mis. mengubah judul saja.
• Jangan membuat teks body copy Anda terlalu kecil: gunakan minimal 12 poin.
Judul dan Baris Subjek
Sebuah 'Judul' dalam sebuah iklan, atau 'Baris subjek' dalam email, seperti pintu ke sebuah ruangan. Jika Anda tidak memiliki alasan untuk melewatinya, mengapa Anda repot-repot? Itulah pentingnya judul atau baris subjek. Lagi pula, jika iklan Anda memiliki judul yang tidak menarik bagi siapa pun, mengapa mereka membaca lebih jauh? Ini berlaku sama untuk baris subjek, jika tidak menarik perhatian penerima, mengapa mereka repot-repot membuka email Anda dan membaca terus? Tanpa judul atau baris subjek yang menarik perhatian, Anda telah gagal. Sebagian besar informasi yang terkandung dalam beberapa halaman berikutnya berlaku sama untuk promosi online dan offline, jadi di mana kata 'judul' digunakan, dalam banyak kasus akan berlaku sama untuk baris subjek juga.
Ketika seseorang membolak-balik koran, apa yang membuatnya berhenti dan membaca sebuah artikel? Anda dapat bertaruh bahwa hampir setiap kali itu adalah berita utama (atau tubuh setengah telanjang!).
Jadi, cara untuk menarik prospek Anda adalah dengan menggunakan judul dan bukan nama perusahaan Anda terpampang di bagian atas. Ini terutama terlihat di surat kabar lokal Anda. Banyak pengiklan menempelkan nama bisnis mereka di bagian atas. Surat kabar itu sendiri tidak terganggu; mereka hanya menginginkan uang pengiklan.
Ini adalah pemborosan total ruang iklan.
Untuk benar-benar membuat perbedaan dengan iklan Anda, selalu gunakan 'Judul Berorientasi Manfaat'. "Apa untungnya bagi saya?" adalah apa yang sebagian besar pembaca cari, jadi beri tahu mereka. Faktanya adalah bahwa sekitar 90% dari efektivitas iklan tergantung pada judulnya.
Menulis headline pembunuh lebih sederhana daripada yang terdengar. Setiap fitur produk atau layanan tertentu Anda memiliki manfaat terkait.
Berikut adalah beberapa tip & petunjuk untuk membantu Anda menemukan manfaatnya:
Apa yang akan dilakukan produk atau layanan untuk prospek Anda?
Akankah… Menghemat Uang, Membuat hidup lebih mudah, Membuat mereka lebih sehat, Membantu mereka menurunkan berat badan, Membantu mereka menambah berat badan, Membantu mendapatkan pekerjaan/promosi, Membantu mereka menarik pasangan, Membantu mereka menjadi lebih teratur, Membantu mereka terlihat lebih muda, Tambahkan nilai pada properti, Beri mereka posisi yang lebih tinggi di komunitas mereka - apa pun manfaatnya, itu harus segera ditunjukkan.
Apa pun yang ditawarkan produk atau layanan Anda, fokuslah pada manfaat bagi prospek dan bukan fiturnya. Orang membeli manfaat bukan fitur. Berikut ini adalah fitur yang berubah menjadi manfaat:
'In-Car 10 CD Changer' - 12 jam Mengemudi tanpa mendengarkan trek yang sama dua kali
'Penjelasan Pria dan Wanita' - Cara menarik pasangan sempurna Anda 'Konservatori mulai dari $3995' - Nikmati Taman Anda sepanjang tahun hanya dengan $3995 Berita utama dapat lebih ditingkatkan dengan menggunakan kata-kata yang meningkatkan respons yang terbukti seperti:
Ini dia - Sekarang - Dicari - Luar biasa - Luar biasa
Anda - Anda - Kuat - Di mana lagi - Yang mana
Mengapa - Mengumumkan - Baru - Bagaimana - Siapa lagi
Ini - Saran - Besar-besaran - Terungkap - Rahasia
'Cara Mendapatkan Pekerjaan Sempurna Anda'
'Kursus Penurunan Berat Badan Baru yang Menakjubkan'
'Mesin Penghemat Bahan Bakar yang Luar Biasa'
'Di Mana Lagi Anda Dapat Membeli TV dengan Harga Menakjubkan Ini?'
'Mengumumkan Peluncuran Akses Internet GRATIS' (Saya berharap)
Kiat lain untuk membantu Anda menulis tajuk utama dan baris subjek yang mematikan adalah:
• Jaga agar headline Anda dapat dipercaya - jangan pernah melebih-lebihkan atau membuat klaim palsu.
• Jangan mencoba menjadi terlalu pintar - beberapa orang akan mengerti dan berpikir "itu pintar", tetapi Anda akan kehilangan banyak orang lain.
• Buat judul Anda sejelas mungkin - hingga 50% ruang iklan Anda harus menjadi judul, terutama pada iklan yang lebih kecil.
• Spesifik - Beri tahu prospek Anda apa untungnya bagi mereka.
• Dalam iklan bergambar gunakan batas yang tebal - iklan Anda akan lebih terangkat dari halaman jika memiliki batas yang tebal dan juga akan terpisah dengan jelas dari iklan lainnya.
• Gunakan Huruf Kapital – Gunakan Huruf Kapital untuk Awal Setiap Kata Penting yang Perlu Ditekankan.
• Jadilah Spesifik Hasil – jika produk Anda akan melakukan sesuatu dalam waktu tertentu, mis. 'Turunkan 10lbs dalam 10 Hari' atau 'Hasilkan $1000 dalam 3 Minggu' lalu pastikan Anda menggunakan ini di headline Anda.
• Tulislah banyak headline yang berbeda – semakin banyak headline yang Anda tulis, semakin besar peluang untuk mendapatkan cracker.
• Uji tajuk utama terbaik – menguji tajuk utama / baris subjek terbaik satu sama lain.
Copy Body
Setelah judul Anda, Anda harus selalu bertujuan untuk menindaklanjuti dengan menekankan kembali manfaat utama yang terkandung dalam judul Anda. Jelaskan sesegera mungkin dengan tepat apa yang ditawarkan kepada prospek Anda. Sangat penting bagi Anda untuk membuat pembaca Anda ketagihan saat kami beralih ke bagian 'Minat' dari iklan apa pun.
Jika judul Anda adalah: Temukan Cara Menghasilkan $105 Berulang Kali Bekerja Paruh Waktu Menggunakan PC Anda
Tindak lanjut Anda di bagian 'Minat' bisa seperti ini: Inilah kesempatan Anda untuk mendapatkan penghasilan kedua yang substansial untuk setiap salinan "Panduan Ringkas untuk Menghasilkan Uang Besar dengan Memanfaatkan Internet" yang dijual dari situs web GRATIS Anda sendiri.
Situs web sederhana ini akan mengungkapkan kepada Anda bagaimana Anda dapat menghemat tahun belajar, stres, dan cukup membenturkan kepala Anda ke dinding mencoba menghasilkan uang secara online.
Sesegera mungkin, beri tahu prospek Anda dengan tepat apa untungnya bagi mereka dan mengapa mereka harus terus membaca pesan penjualan Anda. Kehilangan mereka sekarang dan Anda bisa melupakan penjualan Anda.
Bagian kedua dari body copy dari setiap iklan atau surat penjualan adalah bagian 'Desire'.
Jangan pernah lupa bahwa orang membeli apa yang mereka inginkan dan belum tentu apa yang mereka butuhkan.
Kita semua adalah makhluk emosional dalam berbagai tingkatan, dan jika Anda dapat membuat prospek 'menginginkan' apa yang Anda jual, Anda hampir pasti akan mendapatkan penjualan.
Beri tahu orang-orang tentang manfaat produk atau layanan Anda. Beri tahu mereka dengan tepat bagaimana itu akan membantu mereka, dan mengapa mereka tidak mampu hidup tanpanya. Ada sedikit gunanya menggambarkan fitur produk atau layanan Anda. Ini karena kita semua membeli manfaat, bukan fitur, jadi pastikan Anda menjual manfaatnya.
Menggunakan poin-poin selalu merupakan cara yang baik untuk menyoroti manfaat dari produk atau layanan apa pun. Jika Anda memiliki lebih banyak hal untuk dikatakan tentang setiap poin, Anda dapat menggunakan format poin-poin dengan penjelasan singkat yang disertakan di bawahnya dalam teks yang lebih kecil.
Dalam body copy Anda, jangan lupa untuk menyertakan testimonial Anda. Tentu saja, ini tergantung pada ukuran iklan Anda. Prinsip AIDA terkadang menjadi Prinsip AIDCA, di mana 'C' adalah singkatan dari 'Meyakinkan'. Testimonial adalah cara terbaik untuk meyakinkan prospek Anda untuk membeli.
Salinan isi juga merupakan bagian di mana setiap hadiah gratis yang Anda berikan dengan produk Anda harus dijelaskan. Terkadang, calon pelanggan akan membeli produk atau layanan Anda hanya untuk mendapatkan hadiah gratis. Singkatnya – tindak lanjuti janji yang dibuat dalam judul Anda, tekankan manfaat utama produk atau layanan Anda, gunakan testimonial asli dan buat salinan Anda tetap menarik.
Panggilan untuk bertindak
Anda dapat menulis iklan atau surat penjualan terbaik yang pernah ada, tetapi jika Anda tidak meminta penjualan, Anda membuang-buang waktu. 'Ajakan Bertindak' memberi tahu prospek Anda dengan tepat apa yang harus dilakukan selanjutnya. Mari kita hadapi itu; jika Anda telah menjaga perhatian pembaca sepanjang iklan Anda, Anda sangat dekat dengan penutupan penjualan, jadi beri tahu pembaca dengan tepat apa yang diharapkan dari mereka.
Inilah saatnya untuk 'Ajakan Bertindak'. Beri tahu mereka langkah selanjutnya untuk memiliki produk atau layanan Anda. Beri tahu mereka dengan tepat apa yang perlu mereka lakukan, beberapa contohnya adalah:
• Hubungi Nomor ini Sekarang
• Kunjungi Situs Web Kami Sekarang
• Tekan 0800 100 100 untuk Miliki Milik Anda Sekarang
• Hubungi Showroom Kami Sekarang
• Kunjungi Cabang Terdekat Anda Sekarang
• Isi Formulir ini dan Pasang di Amplop Freepost
• Kirim Email ke info@abc.com untuk informasi GRATIS
Apa pun yang Anda lakukan, Anda harus memasukkan langkah penting ini atau sebagian besar prospek akan hilang. Jangan hanya memasukkan nomor atau alamat di iklan Anda, beri tahu mereka apa yang harus dilakukan. Sertakan 'Ajakan Bertindak' yang pasti.